Halaman

Photobucket

Sabtu, 30 Juli 2011

Tips Sukses Bikin Kue Kering

Assalamualaikum smua.... ga terasa yah, ramadhan dah didepan mata, buat para bunda pasti bakal sibuk menyiapkan sgala kebutuhan menyambut bulan ramadhan... Termasuk salah satunya, acara bikin kuker, alias kue kering... ga ada salahnya nih  baca tips2 berikut, biar tambah pinter bikin kukernya... atw bahkan biar tambah pede atw nekad tuk jualan kuker.... (kaya aq....hahaha modal nekad aja :))
yuks diintip2 tips n triknya...

  1. Pastikan semua bahan dalam keadaan segar dan berada pada suhu ruang.
  2. Lebih baik lagi jika terigu disangrai terlebih dahulu lk 5 menit dengan api kecil. Tepung yang disangrai akan meminimalkan kelembaban tepung dan membantu kue menjadi lebih renyah.
  3. Ayak semua bahan kering, terutama gula bubuk
  4. Mengocok mentega/margarin tidak perlu terlalu lama, cukup sampai tercampur dan lembut saja. Jika dikocok terlalu lama dan sampai putih, kue kering akan melebar terlalu besar saat dipanggang.
  5. Mencampur terigu dengan adonan mentega hendaknya menggunakan sendok kayu , jangan menggunakan tangan. Panas dari tangan akan menyebabkan mentega meleleh terlalu cepat dan bersama terigu akan membentuk gluten, sehingga kue akan keras dan tidak renyah.
  6. Jika adonan terlalu lembut/lengket untuk dibentuk, masukkan dalam lemari es 10-15 menit sebelum dibentuk.
  7. Bila kue sudah berwarna keemasan dan kering tepinya, segera keluarkan dari oven karena proses pematangan masih akan berlangsung di luar oven. Kue mungkin masih agak lunak di tengahnya, tapi ketika dingin dia akan mengeras sendiri.
 Moga bisa bermanfaat ya .... tunggu resep bunda lila berikutnya ya..... (masih seputar kuker, dlm rangka menyambut bulan Ramadhan )
Salam hangat selalu dari dapur kecil ku.... Dapur Bunda Lila.... Muah!!
 http://www.dbc-network.com/index.php?id=BundaLila
 http://www.dbc-network.com/index.php?id=BundaLila
http://www.dbc-network.com/index.php?id=BundaLila 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar