Halaman

Photobucket

Jumat, 01 Juli 2011

Tips sukses buat cake

Assalamualaikum smua....

hai...hai.... kali ini mo posting, tips sukses bikin cake dulu ah....
Stlh kemaren2, bbrp temen2ku nyoba salah satu resep yg ada di blog ini dan hasilnya tdk seperti "penampakan" di blog ku.... (hehe jd ga enak hati, kepikiran klo gagal itu nyesek, tp emang mesti gagal dulu klo mo mahir, jd buat pemula sperti kita... jangan berhenti mencoba ya!!!, termasuk aku.... akan terus belajar....
Tips2 berikut ini yg sll jadi modal dasar aq dlm dunia per"cake"an yg dah dikuumpulin dri berbagai sumber :)

Smoga bisa meminimalisir kegagalan yah.....
= Pastikan smua bahan dlm keadaan segar, alias suhu ruang, kalo aku sih tidak pernah memakai telur yg pernah dimasukkan ke dlm kulkas sblmnya, krn stlh nyoba2in, yg dri kulkas lalu didiamkan, dgn yg tdk ditaro didlm kulkas, ternyata hasilnya beda loh! So, jgn taro telur dlm kulkas klo ingin bwt kue yah...

= Wadah dan peralatan untuk mengocok harus bersih dan kering, bebas dari minyak dan bahan lainnya...Sedikit saja minyak tercampur dalam telur, adonan akan sulit naik. 

=Bila disebutkan “kocok telur hingga kental/berjejak”, artinya telur dikocok hingga putih dan kental, kocokan kue akan meninggalkan jejak pada adonan yang lama hilangnya. Atau jika kocokan diangkat, adonan akan jatuh membentuk pita atau tidak putus2 (begitu kira2 bahasanya) 

=Ayak tepung di atas adonan telur. Mencampur tepung ke dalam adonan telur harus dilakukan perlahan-lahan, (jgn pake mixer yah, pake spatula aja), untuk menghindari kue menjadi liat. Usahakan arah adukan searah, atau aduk-balik.Bahan tepung2an (misalnya tepung terigu, susu bubuk, coklat bubuk, baking powder, tepung maizena, dll) sebaiknya diaduk jdi satu lebih dahulu, baru diayak diatas adonan telur yg telah dikocok.


=Mencairkan mentega/margarin tidak boleh sampai mendidih, karena akan menguapkan kadar air (yang membuat kue moist) dan merusak ikatan emulsinya. Mentega/margarin cukup dihangatkan asal cair saja.  

=Matikan api sebelum mentega/margarin mencair seluruhnya. Sisa mentega/margarin akan mencair sendiri karena suhu hangat.Mentega cair harus didiamkan hingga hangat sebelum dicampur ke dalam adonan telur. 

=Mencampur mentega cair harus betul-betul merata dan seksama. Mentega yang tidak tercampur akan membentuk lapisan di bawah kue yang menyebabkan kue bantet. Usahakan spatula mencapai dasar mangkuk ketika mengaduk, untuk memastikan tidak ada mentega tertinggal di dasar mangkuk. 
 
=Pada pembuatan butter cake, terkadang putih telur dikocok terpisah. Campur putih telur yang sudah kaku ke dalam adonan mentega, aduk balik dengan seksama. Pastikan tidak ada putih telur yang masih menggumpal, karena akan menyebabkan kue berongga besar. Jika putih telur mencair di bagian bawah, jangan ikutsertakan cairan ini, karena akan menyebabkan kue bantet. Cukup ambil busa putih telurnya saja.  
    =Khusus untuk sponge cake: Udara yang berlebih dalam adonan akan menyebabkan kue mengembang berlebihan dan mengempis di luar oven. Untuk meminimalkannya, banting loyang berisi adonan sebelum masuk ke oven. Jatuhkan loyang beberapa kali ke atas meja agar udara merata. Udara berlebih akan naik dan pecah di permukaan adonan. Teknik ini khusus untuk sponge cake, JANGAN lakukan pada butter cake karena akan membuat mentega cenderung berkumpul di bawah. 

    =Panaskan oven 10-15 menit sebelum adonan masuk. Oven yang dingin atau kurang panas ketika adonan masuk, akan menyebabkan kue turun lebih dahulu sebelum sempat mengembang, menyebabkan kue bantet


    =Pastikan suhu oven pas. Apalagi yg pake oven kompor (spt aku hehehe) Karena itu kenali oven anda dengan baik, dengan cara menggunakannya sesering mungkin.  berlaku hukum tak kenal maka tak berhasil alias banyak yg gosong hehehe

    =Jangan buka pintu oven hingga paling tidak 3/4 waktu pemanggangan. 

    =Untuk memeriksa kematangan kue, lakukan tes tusuk bisa dengan lidi atw tusuk gigi jika kue tdk menempel, berati kue tlh matang, bisa  juga dgn menekan sedikit permukaan kue, jika permukaan kering dan membal, kue sudah matang. 

    = Setelah matang dan diangkat, diamkan kue sebentar (masih di dalam loyang,kurleb 10 atw 15menit)
    Lalu baru deh balik(keluarkan)  kue diatas rak dan diamkan sampai dingin, baru deh disajikan....


    Mudah2an bisa membantu ya.... kalo masih gagal juga???? ayo jangan menyerah...jangan menyerah.....pantang menyerah deh pokoknya !!! seperti aku... nih yg tdk mau menyerah, yg terus belajar, walaupun dgn sgla keterbatasan "waktu" dll nya...
    Klik link berikut juga  ya... bisa buat referensi bisnis bunda...menambah ilmu dan penghasilan tentunya (hehehe promo nich)...
    http://www.dbc-network.com/index.php?id=BundaLila
    http://www.dbc-network.com/index.php?id=BundaLila 

    See u next postingan yah ....
    klo mo tanya2 lbh lanjut atau mau ngasih saran2 biar bisa tukar ilmu, bisa via emailku : hartini.khalila@gmaiil.com
    atw add di FB aku ( Hartini Wibowo)
    Wassalamualaikum wr wb, salam hangat dari dapur bunda lila :)






    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar